Pengertian HTML

Belajar HTML Dasar : Pengertian HTML

Apa itu HTML? mungkin pertanyaan inilah yang terbesit pada benak anda yang baru mulai mempelajari dunia web programming. HTML merupakan bahasa pemrograman dasar yang wajib di kuasai oleh seorang web developer, karena HTML merupakan unsur dasar dari pembuatan sebuah website. Jika di ibaratkan, HTML menjadi pondasi pada sebuah rumah atau bangunan karena bentuk pada halaman website dibuat menggunakan HTML. Pada artikel berjudul “Belajar HTML Dasar : Pengertian HTML” ini akan dijelaskan tentang pengertian dari HTML dan sekilas tentang sejarah HTML dan perkembangannya.

Pengertian HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa formatting yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Di dalam dunia pemrograman berbasis website (Web Programming), HTML menjadi pondasi dasar pada halaman website. Sebuah file HTML disimpan dengan ekstensi .html (dot html) serta dapat dieksekusi atau diakses menggunakan web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain). Seperti yang sudah dijelaskan, HTML adalah dasar dari sebuah website. Untuk membuat sebuah website tidak cukup hanya menggunakan HTML, kita memerlukan bantuan CSS, JavaScript dan PHP untuk membuat sebuah website yang dinamis. Jika halaman website dibuat hanya menggunakan HTML saja maka halaman website tersebut disebut halaman statis karena tidak memiliki aksi atau fungsi-fungsi yang dapat mengelola website. Tentu developer akan sangat disibukkan dengan harus mengubah lagi file HTML setiap ingin memperbaharui artikel.

HTML memiliki beberapa element yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsinya masing-masing. Seperti tag heading, paragraf, pembuatan form, tombol, list, membuat hyperlink
atau link yang menghubungkan antar halaman website dan banyak lagi lainnya yang akan kita bahas pada pembelajaran ini.

Kegunaan HTML

HTML berfungsi sebagai pondasi sebuah halaman website. Adapun yang dapat dilakukan dengan HTML diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Membungkus elemen-elemen tertentu sesuai kebutuhan
  • Membuat heading atau format judul
  • Membuat table
  • Membuat list
  • Membuat paragraf
  • Membuat form
  • Membuat tombol
  • Membuat huruf tebal
  • Membuat huruf miring
  • Menampilkan gambar
  • Menampilkan video

Dan banyak lagi lainnya yang akan kita pelajari pada pembahasan berikutnya.

Sampai saat ini HTML sudah sampai pada versi 5. HTML5 sudah memiliki banyak sekali fitur tambahan salah satunya, dengan HTML5 memungkinkan kita untuk membuat streaming video tanpa bantuan Adobe Flash Player. Untuk tutorial cara membuat streaming video dengan HTML5 juga akan kita bahas pada pembahasan berikutnya. Jadi kesimpulan dari pengertian HTML ini adalah HTML merupakan pondasi dasar dari pembuatan sebuah website. Dan untuk menjalankan file html harus menggunakan web browser dan file html di simpan dengan ekstensi .html (dot html).

Tentang Sarjana Komedi

Technical Writer, Entrepreneur, Programmer and IT Analyst. He is a Technology Enthusiast with a keen eye on the latest technology.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Anda dapat mengirimkan pesan kepada kami melalui agent dibawah ini atau melalui email developer@sarjanakomedi.com

× Butuh bantuan?